Peluncuran Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Undana Tahun 2022




Rektor Undana didamping oleh Wakil Rektor dan Kepala LP3M melakukan pemukulan gong sebagai tanda resmi peluncuran program Kampus Merdeka Belajar tahun 2022.

KUPANG – Universitas Nusa Cendana merilis program Kampus Merdeka Belajar tahun 2022 di Auditorium Undana, Senin (15/8/2022). Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor, Wakil Rektor, Kepala LP3M, seluruh koordinator program studi di Universitas Nusa Cendana, para mitra MBKM, para mahasiswa program MBKM, baik magang, KKN, pertukaran pelajar, proyek kemanusiaan, kewirausahaan, riset, asisten pengajar dan studi independen.

Terdapat berbagai agenda kegiatan yang dilakukan pada peluncuran program merdeka belajar, yakni Selayang Pandang Program MBKM Undana, sambutan oleh rektor Universitas Nusa Cendana sekaligus membuka program MBKM Undana yang ditandai dengan dilakukannya penyerahan secara simbolis bantuan stimulus program MBKM Undana yang didampingi oleh kepala LP3M Undana.  

Rektor Universitas Nusa Cendana di dampingi Wakil Rektor I, Kepala LP3M,Korpus PLP, Mitra MBKM dan Mahasiswa PLP.

“Pelaksanaan MBKM ini adalah peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 3 tahun 2020 tentang standar nasional pendidikan perguruan tinggi dengan tujuannya, yakni  untuk mendorong mahasiswa memanfaatkan hak belajarnya selama tiga semester atau setara dengan 60 SKS di luar program studi, dan mahasiswa memiliki satu kesempatan untuk mengikuti pembelajaran satu semester atau setara 20 SKS di luar program studi yang sama yang dikenal dengan lintas prodi dan dua semester setara dengan 40 SKS pembelajaran pada prodi yang sama di luar perguruan tinggi yang berbeda.” Ujar kepala LP3M Undana, Dr. Ir. Jacob M. Ratu, M.Kes dalam sambutannya.

Dalam sambutan Rektor Universitas Nusa Cendana, mengatakan bahwa program MBKM ini merupakan satu transformasi pembelajaran yang sangat mendasar yang dilakukan oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yang pada intinya pembelajaran merupakan sebuah proses mendapatkan pengetahuan, keterampilan khususnya  bagi mahasiswa. Transformasi pembelajaran ini juga menjadi dasar program MBKM yang memiliki delapan bentuk program, yakni program magang, proyek desa, pertukaran pelajar, penelitian atau riset, wirausaha, studi dan proyek independen, proyek kemanusiaan dan mengajar di sekolah.  

Sebelum mengakhiri kegiatan peluncuran program MBKM, Rektor Undana didamping oleh Wakil Rektor dan Kepala LP3M melakukan pemukulan gong sebagai tanda resmi peluncuran kegiatan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *