LPPPM Melakukan Akreditasi Internasional pada Prodi – Prodi Universitas Nusa Cendana Tahap I

Selasa, 02/08/2022, LPPPM Melakukan kegiatan Pendampingan Akreditasi Internasional Prodi tahap I di gedung Theater Rektortat Universitas Nusa Cendana, adapun Kegiatan ini di buka langsung Oleh Rektor Universitas Nusa Cendana Dr. drh. Maxs U. E. Sanam, M.Sc , dalam sambutannya Rektor memberikan instruksi kepada prodi – prodi Universitas Nusa Cendana untuk mewujudkan Akreditasi Internasional pada setiap prodi agar mendorong Akreditasi Universitas.

Akreditasi internasional program Studi adalah salah satu media strategis karena langsung menunjukkan kualitas outcome pendidikan. Universitas Nusa Cendana memiliki visi yang jelas dan realistis yakni menajdi perguruan tinggi yang berorientasi global. Untuk mencapai visi tersebut, Undana secara bertahap melaksanakan program internasionaisasi sebagai jawaban dengan tetap memperhatikan pola ilmiah pokok yakni lahan kering kepulauan dan pariwisata.. Di dalam proses pencapaian tersebut, Undana senantiasa berusaha meningkatkan kapasitasnya, dalam kesadaran sebagai sebuah institusi yang sedang berusaha menuju universitas kelas dunia, menyangkut berbagai dimensi internasional dalam penelitian, pengajaran dan pembelajaran, serta pengabdian masyarakat.

Dimensi internasionalisasi Program Studi dalam lingkungan Undana  mencakup staf dan mahasiswa yang berkelas internasional, program mobilitas staf dan mahasiswa, kerjasama internasional di bidang penelitian, dan kurikulum yang berorientasi internasional. Semua dimensi tersebut didukung oleh peran aktif Undana dalam membangun kemitraan internasional. Kolaborasi dan berbagi pengetahuan dengan berbagai universitas lain di penjuru dunia merupakan bagian penting yang dapat mendukung Undana untuk menjadi universitas kelas dunia dengan tujuan utama untuk memainkan peranan penting dan berkontribusi untuk peradaban dan kemanusiaan. Kerjasama universitas dapat berupa : kerjasama penelitian, pertukaran materi publikasi akademis, kerjasama dalam proyek- proyek pelatihan, partisipasi dalam seminar-seminar, pertukaran pengajar dan sebagainya. Oleh karena itu perlu cascading plan melalui kegiatan pendampingan prodi yang untuk memastikan bahwa proses dan capaian akreditasi internasional dapat ditularkan ke program studi nasional dan membangun multi tier lembaga akreditasi mandiri. Program fasilitasi untuk percepatan akreditasi/sertifikasi internasional prodi melalui implementasi SPMI dan pengendaliannya serta dukungan renstra dan tahapan pengembangan prodi. Kegiatan pendampingan penyusunan dokumen akreditasi/sertifikasi prodi mulai dari tahap persiapan menuju akreditasi/sertifikasi antara lain mengadopsi outcome based education (OBE), memodifikasi SPMI yang sesuai dengan paradigma OBE, melakukan evaluasi kondisi awal program studi serta melakukan asesmen kecukupan.

Foto Bersama Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kepala LPPPM beserta Peserta Kegiatan

Prodi yang akan melaksanakan akreditasi/sertifikasi internasional melalui pengelola program studi (UPPS) bersurat ke LP3M untuk meminta Pendampingan Task force. Ketua LP3M menindaklanjuti surat permintaaan tersebut dan memberikan penugasan kepada Kepala Pusat Manajemen Mutu, Audit Mutu dan Akreditasi untuk membentuk tim pendampingan. Penetapan kegiatan pendampingan. meriviu kelengkapan bukti-bukti pendukung akreditasi pada borang yang harus disiapkan/upload. Pelaksanaan pendampingan sebelum visitasi pada tim UPPS, Prodi, dosen, Tendik, Mahasiswa dan Alumni/Pengguna Lulusan. Pendampingan saat pelaksanaan visitasi. Data dan informasi hasil pendampingan akan diolah dan dianalisis secara deskriptif dan naratif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *